Jumat, 20 September 2013

TIPS TIPS PENTING UNTUK CAREGIVER (PERAWAT) PASIEN KANKER

Merawat terkasih Anda yang sedang berjuang melawan kanker tidaklah mudah, karena pengobatan kanker biasanya panjang dan melelahkan, baik bagi pasien maupun orang/keluarga yang merawat pasien.

Bila Anda sedang mendapat kesempatan indah untuk berbagi dan merawat orang yang Anda sayangi terkena kanker, berikut ini ada beberapa tips bermanfaat bagi Anda :

TIPS 1: JANGAN MERASA BERSALAH UNTUK MENGAMBIL WAKTU PRIBADI untuk sekedar melepas stress dan lelah dan beban pikiran Anda.... berjalan jalan sore hari di taman atau sekedar bercengkerama dengan suster/perawat di RS dapat membantu melepas lelah dan re-charges Anda kembali

TIPS 2: BERIKAN TUBUH ANDA CUKUP ISTIRAHAT 8 JAM SETIAP HARI. Kesehatan Anda juga penting karena bila Anda sakit, siapa yang dapat merawat orang yang Anda sayangi

TIPS 3 : TAHU KAPAN BERKATA 'TIDAK'
Pengobatan kanker yang berhasil memerlukan teamwork. Tugas Anda sebagai pendamping pasien adalah membantu untuk menjadi mediator dokter. Ada kalanya Anda harus cukup kuat berkata 'TIDAK' bila pasien ingin melakukan sesuatu yang sekiranya dapat menghambat proses pengobatan.

TIPS 4: BETAPAPUN FRUSTRASINYA ANDA, JANGAN PERNAH MELEPASKAN FRUSTASI ANDA KEPADA PASIEN
carilah waktu sendiri untuk me-release stress... jangan membebani orang yang Anda sayangi dengan frustrasi Anda karena beban penderita kanker sudah cukup berat.. tahanlah diri dan carilah tempat dan waktu untuk melampiaskan kekesalan/frustasi Anda pada hobby Anda atau pada Ibadah.

TIPS 5: KESABARAN ADALAH KEHARUSAN.
Jangan memaksa pasien terlalu banyak.. Anda perlu memahami psikologis dan kondisi fisik pasien.. berikan waktu dan ruang gerak juga bagi orang yang Anda sayangi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar