Rabu, 09 Oktober 2013

KANKER TIROID

Kanker Tiroid bisa terjadi kepada siapa saja , namun hasil penelitian meneliti yang cenderung mengalami kanker tiroid itu adalah perempuan. “Sebagian besar penderita kanker tiroid atau karsinoma tiroid memang perempuan, kemungkinan besar ini karena hormon perempuan yang lebih fluktuatif dibandingkan dengan pria,” ujar Ketua Kelompok Studi Tiroid Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) , Prof. Dr. Johan S. Masjur, SpPD-KEMD, SpKN,

Kanker tiroid adalah jaringan tiroid yang telah kankerasi, berasal dari tumor ganas pada jaringan epitel tiroid, berdasarkan patologis dibagi menjadi papiler adenokarsinoma dan folikular adenokarsinoma.

Kanker tiroid terjadi pada anak-anak dan wanita yang biasanya berumur 40tahun keatas dan laki-laki mulai berisiko tinggi pada pada usia 51 tahun ke atas. Akan tetapi kanker tiroid yang di alami wanita biasanya tergolong jinak.

Kita harus waspada bila benjolan bersifat padat, keras, dan isinya bukanlah cairan, jumlahnya satu namun membesar dengan cepat, sebaik nya langsung periksakan diri anda ke dokter.

Gejala Kanker Tiroid

Adapun gejala kanker tiroid yang biasaya terjadi , sbb:

Dalam waktu relatif singkat tumor tiroid menjadi besar secara tiba-tiba.
Suara serak, susah menelan, susah bernafas.
Benjolan bertekstur keras, teraba kasar.
Aktivitas tumor terbatas atau tetap, tidak bergerak mengikuti aktivitas menelan.
Disaat yang bersamaan teraba beberapa benjolan atau nodul di sisi leher

Penyebab Kanker Tiroid

Penyebab kanker tiroid tidak terlalu jelas, kemungkinan berhubungan dengan faktor makanan ( kelebihan atau kekurangan yodium), sejarah paparan radiasi, peningkatan sekresi estrogen, faktor genetik atau dikarenakan berkembang dari penyakit tiroid jinak seperti nodular gondok, hipertiroid, tiroid adenoma, terutama tiroiditis limfositik kronis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar